Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 

" TUKANG BECA YANG OPTIMIS "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Ada pesta pernikahan di keluarga saya bulan lalu. Karena banyaknya sanak saudara yang tiba dari kota lain maka tentu saja kami membutuhkan sarana transportasi yang lumayan banyak. Maklum kami keluarga yang cukup besar ditambah dengan jumlah anak-anak yang datang waktu itu. Itupun belum ditambah dengan tamu undangan khusus dari Malaysia. Karenanya saya harus rela kalau kendaraan yang saya pakai selama ini dipergunakan untuk mengantarkan mereka.

Waktu itu saya hendak ke SMART FM, dan saya memanggil becak bermotor. Setelah menawar saya naik ke becak. Di sepanjang jalan yang dipenuhi dengan lubang disana sini, si tukang becak mulai membuka obrolan. ”Ini jalan tak seperti ini kalau pejabat negara kita jujur” katanya. Sudah pasti jawab saya. ”Jangan hanya kita rakyat kecil saja yang sadar, maunya sampai ke pusat” katanya kembali. Dalam hati saya takjub melihat si tukang becak yang cukup optimis dalam menyikapi keadaan.

Lalu cerita kami berlanjut sampai saya menanyakan jumlah anaknya. Ada 3 orang katanya. Kesemuanya anak cowok. Pak, saya peringatkan ke semua anak saya, untuk tidak mengikuti ayahnya ini. Harus jadi orang hebat, tidak seperti ayahnya yang tukang becak. Saya melarang anak saya untuk merokok. Dan saya mau sekolahkan mereka paling tidak sampai SMA katanya kembali. Lagi-lagi saya berdecak kagum dengan semangat si tukang becak ini.

Ia melanjutkan cerita bagaimana ia jadi seorang tukang becak. Mulai dari sekolah yang tak tamat, tak mendengarkan arahan dari orang tuanya dulu,  sering merokok, menjadi berandalan, lalu pernah jadi tukang parkir dan akhirnya jadi seorang tukang becak. Yang penting pak, saya mau lakukan apapun yang halal asal untuk keluarga saya. 

Mendengar hal ini dalam hati saya sangat bangga dengan si Tukang Becak. Terkadang orang besar, berpangkat, punya kedudukan serta jabatan penting tak berpikiran besar. Namun sebaliknya dari si Tukang Becak dipandang kecil ini, saya melihat, mendengar dan merasakan hal yang besar. Terkadang kita cendrung untuk egois, serakah, dan memilih jalan yang keliru. Semangat, kesadaran dan optimis yang membuat si Tukang Becak bisa bermimpi besar dan melakukan hal besar dalam kehidupannya. Kita bisa lakukan hal dan perkara besar dalam kehidupan ini jika kita mau. Mari bangkitkan kesadaran, semangat, optimis sembari tetap bertekun dalam doa untuk menghadapi hidup ini.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com