Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 

" SENYUM MEMBAWA NIKMAT "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Setiap kali memulai suatu seminar, biasanya saya meminta semua peserta yang hadir untuk tarik nafas dan menghembuskan perlahan. Lalu semua peserta saya ajak untuk saling memberi senyum satu sama lain yang jelas membuat suasana menjadi cair dan menghangat. Setelahnya, saya meminta peserta kembali menarik nafas dan menghembuskannya secara perlahan dan mulai memberi senyum kepada dirinya sendiri. Ada kelegaan, kesenangan, rasa percaya diri yang semakin bertambah dengan memberikan senyum pada diri sendiri ini.

Di lain peristiwa, kala itu pukul 09.00 malam. Setelah menyelesaikan pelatihan pada sebuah perusahaan di Surabaya,

Saya tiba di Pasar Turi – daerah terminal kereta di Surabaya untuk meneruskan perjalanan pelatihan ke Semarang. Saya yang masih kagok, maklum ini kali ketiga saya naik kereta selama hidup saya. Dan ini kali pertama di Jawa. Sambil bertanya kesana kemari akhirnya saya diarahkan ke argo Anggrek yang tak lama lagi mau berangkat ke Semarang. Sambil menenteng tas, saya duduk di bangku yang telah ditunjuk. Disamping saya duduk seorang Bapak yang cukup berumur. Katanya ia mau ke Jakarta. Bermodalkan senyum inilah saya mulai membuka diri dan setelah bersalaman, akhirnya kami terlibat pembicaraan yang cukup serius.

Mulai dari masalah kenapa bapak ini naik kereta yang tak lain karena takut ketinggian sampai pada masalah hobby, keluarga dan profesi. Saya memakai semua ilmu NLP yang telah saya pelajari untuk membantu si Bapak dalam mengatasi ketakutannya. Penumpang lain yang juga kebetulan tak bisa tidur akhirnya turut nimbrung obrolan kami di sepanjang perjalanan naik kereta. Waktu terus berjalan dan tak terasa kami mulai hampir tiba di stasiun Tawang di Semarang. Saya turun di Semarang dan kembali melempar senyum ke para penumpang lain yang masih harus melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Senyum membuat saya relaks, lepas dari kebingungan. Senyum membuat orang nyaman dengan diri saya, cepat bergaul, mendapat teman dan senyum membuat suasana jadi ceria.

Banyak hal yang bisa didapat dari "Senyum".
Senyum itu membuat kita menarik bagi orang lain, merubah mood kita, melepaskan stress, bersifat menular ke orang lain, menambah kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, membuat muka jadi lebih muda, merupakan senaman muka, melepaskan endorfin yang membuat kita tetap semangat dan energik, lebih percaya diri dan mencerminkan orang yang sukses serta bahagia.

Banyak hal positif yang bisa didapat dari senyum, jadi apa lagi yang menghambat kita. Mari mulai sekarang tersenyumlah yang tulus dan hadapi hidup ini dengan penuh optimis dan ceria.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com