Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 

" PELUANG ATAU RESIKO "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Di pertengahan bulan November yang baru lalu, kami memberikan Outbound Training pada sebuah Bank swasta Nasional di Sibolangit. Peserta diajak bermain di alam sembari belajar dari alam. Selesai lintas alam di hutan pada sore hari, peserta Outbound duduk di ruang tengah sambil fokus pada sesi motivasi. Saya mengajak mereka untuk bermain kembali sambil mengambil hikmah dari setiap permainan tersebut. Salah satunya adalah permainan tangkap batu. Dibutuhkan fokus serta kecepatan dalam permainan ini. Di sisi yang satu peserta harus cepat menangkap tangan teman lainnya sementara di sisi yang lain mereka juga harus secepat mungkin menyelamatkan tangannya sendiri.

Sebelum permainan dimulai, suasana menjadi sangat hening saat peserta berusaha fokus dalam permainan. Ini karena mereka takut terkena hukuman jika tangannya tertangkap. Beberapa kali saya mengucapkan kata yang mirip batu, seketika peserta menjadi heboh, panik dan takut ditangkap tangannya oleh teman lainnya. Dan pada akhirnya saya mengucapkan kata ”BATU” yang membuat peserta dengan secepat kilat menangkap tangan temannya. Beberapa ada yang salah tangkap, ada yang luput dari tangkapan temannya dan beberapa akhirnya tertangkap juga.

Peserta yang tertangkap ini saya minta tampil kedepan untuk dihukum. Terkadang mereka harus bernyanyi, menari dan ada juga yang menirukan gaya yang sangat lucu. Suasana waktu itu sangat heboh, ceria dan penuh tawa. Ketika saya menanyakan kepada peserta yang tangannya tertangkap, mereka mengatakan tak fokus pada tangannya. Sehingga dengan mudahnya ditangkap oleh teman di samping.

Dalam perjalanan hidup kita banyak sekali peluang dan resiko datang dan pergi silih berganti. Saat  peluang itu datang dan kita tak melihat atau menyadarinya maka ia akan hilang dari hadapan kita. Peluang itu tak pernah datang untuk kedua kalinya. Saat resiko datang, kita dengan segera menghindarinya dan tak berusaha melihat dari sisi yang positif. Kita lebih memilih sikap diam, menghindar daripada menghadapinya.

Mari kita ambil sikap tenang serta relaks dalam hidup ini. Melihat lebih dalam dan fokus pada peluang. Resiko bukan untuk dihindari namun untuk dihadapi. Hidup sulit ketika kita pikir sulit, akan lebih indah jika kita menikmatinya dan menjalaninya dengan penuh semangat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com