Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 

" KIAT CEPAT MENGATASI PHOBIA "
( Edisi : Hewan dan Serangga )

Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Kita dilahirkan dalam keadaan telanjang dan suci. Jika melirik syair dari lagu ciptaan Ebiet G Ade berjudul Untuk Kita Renungkan ”..... kita mesti telanjang dan benar-benar bersih, suci lahir dan di dalam bathin...” seharusnya kita sadar untuk segera membersihkan diri dari pikiran negatif. Nah lho??? Jadi apa hubungannya dengan phobia?

Phobia adalah ketakutan yang luar biasa dan dapat timbul jika ada sesuatu yang menstimulus kita. Contohnya saja kecoa. Banyak wanita yang takut pada serangga satu ini. Pernah suatu hari anak saya yang berumur 4 tahun pada waktu itu dan bernama Felicia meminta saya untuk menemaninya ke kamar mandi buang air kecil. Katanya ia takut karena ada kecoa.

Wah, masa sih anak sekecil ia takut akan kecoa. Setelah saya tanya lebih dalam, rupanya ketakutannya ini disebabkan ada informasi negatif yang ia peroleh dari ibunya mengenai sosok kecoa. Sehingga pikirannya yang tak mengerti dan masih polos mulai dirasuki dengan ketakutan akan kecoa. Akhirnya ia jadi benar-benar takut akan kecoa.

Pada waktu itu saya minta ia tarik nafas dalam dan sembari mengatakan kecoa lucu, kecoa kecil dan akhirnya ia berani. Ketika benar di dalam kamar mandi itu ada kecoanya, saya minta ia mengulangi apa yang saya telah ajarkan sembari saya mengambil dan memegang kecoa itu. Dengan demikian ia mengkopi keberanian saya dan ia saya minta untuk memegangnya untuk mengalahkan ketakutannya.

Demikianlah yang terjadi pada diri setiap orang yang mengalami phobia. Jika ketakutan dalam diri tidak dihadapi dan dikalahkan maka setiap kali terjadi stimulus maka dalam diri nilai ketakutan akan bertambah dan nilai berani akan berkurang. Jadi apa yang harus dilakukan? Lawan, hadapi dan kalahkan ketakutan itu dengan demikian nilai berani akan meningkat dan akhirnya kita berdamai dengan stimulus yang menakutkan tadi. Alam bawah sadar akan mencatat bahwa phobia kita hilang untuk selamanya

Saya pernah juga diminta untuk therapy orang yang phobia akan tikus. Waktu itu saya meminta ia untuk duduk tenang sambil relax. Menarik nafas sedalam mungkin untuk menetralisir ketakutan yang dihadapinya sembari menambah pasokan oksigen sebanyak mungkin ke otaknya. Saya memintanya untuk memvisualkan tikus dalam pikirannya dan memintanya untuk memberi tikus itu pakaian serta kaca mata. Kontan saja ia tersenyum, merasa geli dan lucu. Lalu saya memintanya berdamai dengan tikus tersebut dan meminta alam bawah sadarnya menerima perdamaian tersebut. Dengan demikian mulai hari itu dan seterusnya ia bebas dari phobia tikus.

Banyak sekali phobia lain dalam diri setiap orang. Masalahnya apakah kita mau hidup dengan sedemikian banyak phobia atau memilih hidup bebas dan tenang tanpa ada rasa ketakutan.

Pilihan ada di tangan kita, ketakutan dapat diusir dan dikalahkan dengan pikiran  yang sehat, jernih dan positif.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com