Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 
" LEPAS DARI BELENGGU KELEMAHAN DIRI "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Biasanya dalam training ”Mengelola Pikiran menjadi Orang Sukses” yang saya bawakan, saya meminta peserta untuk melihat bahwa dalam diri kita ada potensi yang sangat besar. Ibarat sebuah gunung es yang besar di tengah laut, kita tak menyadari bahwa bagian yang sangat besar di bawah laut adalah bagian yang potensil yang tak kelihatan oleh mata kita. Ingatkah kita peristiwa tenggelamnya kapal titanic yang hanya diakibatkan karena tertubruk gunung es kecil. Namun akhirnya menenggelamkan penumpang dan kapal yang konon katanya tak pernah bisa tenggelam. Inilah gambaran diri kita.

Pada pembahasan yang lain dalam sesi membuka pola pikir peserta, saya meminta 5 orang sukarelawan untuk maju kedepan dan mendemokan suatu simulasi melepaskan belenggu kelemahan diri.

Ada 1 orang di depan yang digambarkan sebagai diri kita sendiri dan 4 orang yang masing masing memegang kedua tangan dan kaki dari orang yang di depan tadi. Keempat orang tadi mewakili masing-masing kelemahan diri yang ada seperti masalah keuangan, orang tua, soft skill, pacar, rasa tak percaya diri, minder, latah, phobia dan lain sebagainya. Setelah itu saya meminta orang yang berdiri di depan dengan tangan dan kaki yang dipegangi oleh keempat temannya untuk berjalan kedepan seperti gambaran orang yang berjalan meniti karier dan mencari kesuksesan. Pastilah akan sangat berat dan sulitnya ia untuk melangkahkan kakinya kedepan. Lalu saya memintanya untuk menyadari ada kelemahan dan beban yang ada tadi serta berusaha berdamai dengan kelemahan tadi dan akhirnya semua beban dan kelemahan tadi terbebas dari dirinya. Setelah lepas, tentu saja dengan sangat mudah ia berjalan kedepan dan dengan bangga meraih segala apa yang diimpikan dan dicita-citakannya.

Demikianlah gambaran diri kita yang jika tak segera melepaskan kelemahan diri ini akan seperti orang tahanan yang meyeret bola besi kemana saja kita pergi. Dan jalan kita menuju sukses dan bahagia pun akan diperlambat. Dan lihatlah betapa indahnya jika kita berdamai dengan kelemahan tadi dan melepaskan belenggunya dari diri kita, nicaya kita akan cepat tiba di puncak kesuksesan kita.

Banyak dari kita yang walau sudah menyadari kelemahan dalam dirinya namun masih tetap senang dengan zona comfortnya. Merasa diri nyaman dan tak pernah mau berubah. Lihatlah jalan kita menuju sukses dan bahagia akan terbeban berat dengan segala kelemahan tadi. Mari kita berdamai dan melepaskan belenggu kelemahan diri kita sehingga kita dapat mengoptimalkan potensi dalam diri kita yang sudah terlahir sebagai seorang pemenang. Sadar, bangkit, maju dan berubahlah menuju kehidupan yang lebih indah di mata manusia dan Tuhan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com