Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 
" LEBIH BAIK PRAKTEK DARIPADA TEORI "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Seorang supervisor di sebuah perusahaan pernah meminta karyawan di bawah linenya untuk bersemangat setiap hari. Selalu berpikir positif dan tetap optimis dalam kendala dan penolakan yang dihadapi di dalam pemasaran produk mereka. Sementara teamnya berusaha bangkit, ia sendiri kelihatan putus asa dan sedikit kecewa. Akhirnya teamnya pun jadi turut tak bersemangat. Diatas kertas ia selalu tampak menonjol kinerjanya. Namun ini hanya teori yang ia sendiri tak praktekkan dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga akhirnya team sales mereka menurun kinerjanya.

Di tempat lain di sebuah sekolah SMA, ketika team training saya datang mengunjungi mereka untuk memberikan sebuah training motivasi, kebanyakan siswanya tak bisa lancar berbahasa Inggris.

Kalau dihitung-hitung, siswa di setiap SMA ini sudah mendapat pelajaran bahasa Inggris sejak mereka dari SD dulu lagi. Jadi sudah sekitar 12 tahun mereka terus belajar bahasa Inggris dan seharusnya sudah pasti bisa lancar. Namun ini tak terlihat karena para siswa tak mempraktekkannya di dalam percakapan mereka sehari-hari. Artinya teori lebih banyak daripada praktek.

Di lain kisah ada seorang peserta training menanyakan mengapa ia tetap tak bersemangat walau sering ikut seminar motivasi dan pelatihan soft skill lainnya. Ia mengatakan bahwa hampir setiap bulan ia pasti ikut seminar. Yah hitung-hitung charge baterai lah pak, katanya kepada saya. Lalu kenapa saya tetap tak termotivasi yah pak? Dia bingung dan menanti jawaban dari saya. Saya lalu bertanya kepadanya, materi seminar kamu mengerti gak? Banget pak, jawabnya. Pembicara pada seminar itu gampang dimengerti gak? Tanya saya kembali kepadanya. Wah pak, para pembicaranya ok, interaktif dan mudah dicerna.So kamu apa pernah mengulang atau langsung mempraktekkannya langsung dalam kehidupanmu? Tanya saya kepadanya. Nah ini yang masih separoh pak. Jawabnya. Yah pantas dong kamu tetap tak bersemangat, karena segala teori baru bisa berarti kalau dipraktekkan. Jawab saya kepadanya.

Di dalam kehidupan kita, sering sekali kita mendengar dan melihat disana sini banyak sekali orang yang hanya tahu teori saja tanpa bisa mempraktekkan langsung di dalam kehidupannya. Memang tak semua teori bermanfaat, namun jika tak dipraktekkan dan dicoba, mana mungkin kita bisa menjadi seperti apa yang kita harapkan. Contohnya mau lancar berbahasa Inggris , mana mungkin bisa lancar, kalau kita hanya tahu berteori saja tanpa mempraktekkan langsung dalam percakapan kita sehari-hari. Dan bagaimana kita bisa jadi seorang pemenang, berhasil dalam pekerjaan dan menjadi orang sukses kalau kita hanya sekedar ikut seminar saja tanpa melakukan apapun dalam hidup kita. Mari kita jadi pelaku dan pemain bukanlah sekedar penonton dan pendengar saja.

Bersikaplah ANTO (Action, Not Talk Only) melakukan tindakan tidak hanya banyak omong.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com