Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 
" KEMERDEKAAN YANG BERTANGGUNGJAWAB "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Banyak perusahaan yang sering meminta team kami untuk memberikan training kepada staff mereka. Berbagai topik training pun kami berikan, mulai dari team building, customer service excellent, motivasi, team work, leadership dan lain sebagainya. Di sela-sela training, selalu saja para pimpinan perusahaan mengajak team kami untuk sharing dan tukar pendapat. Sebagian besar dari mereka berkeluh kesah mengenai sikap karyawan yang tak benar.

Dan salah satunya ada seorang pimpinan yang memiliki usaha yang bergerak dibidang properti. Ia memiliki karyawan yang cukup banyak. Namun dalam praktek setiap harinya, ia sering mendapatkan karyawannya tak bekerja secara maksimal. Hanya tahu

Para team sales dan marketing setiap pagi di briefing olehnya dan telah diberi training yang memadai untuk meningkatkan kompetensi dan skill masing-masing. Mulai dari cara menelepon, memberi proposal, negosiasi, kunjungan dan service excellent sudah diberikan. Namun sebagian besar hanya menganggap semua training itu hanya sebagai kewajiban saja tanpa mengikutinya dari hati. Pimpinan ini juga ingin agar teamnya maju dan mandiri. ”Gak mungkin saya terus monitor mereka kan pak? Lagipula mereka sudah dewasa.” Itulah yang diungkapkannya kepada saya. ”Saya ingin mereka berinisiatif dan kreatif makanya saya memberi mereka kebebasan untuk berekspresi dalam cara bekerja.” lanjutnya kembali.

Begitulah yang sering dihadapi para pimpinan perusahaan dengan berbagai tipe karyawan. Beberapa dari team mereka saat diberi kebebasan dan kemerdekaan dalam bekerja, malah menjadi tak efektif. Ada yang masih terus harus dibimbing dan dipantau terus. Dan ada yang hanya tahu menuntut haknya saja namun melalaikan kewajibannya sendiri. Untuk mendapatkan staff yang cukup mandiri dan terampil memang dibutuhkan waktu. Namun terlepas dari itu semua, kesadaran dari diri karyawan itu sendiri  yang menjadi hal utama dalam merubah dirinya.

Berikut ada beberapa panduan praktis yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kinerja team sebagai berikut :

  1. Beri tujuan dan harapan yang jelas yang hendak dicapai.
  2. Adakan briefing dan sharing untuk mengetahui jelas kesulitan yang dihadapi.
  3. Monitoring secara berkala dan lakukan review yang berkesinambungan.Beri wewenang dan authority yang jelas.
  4. Buat target pencapaian berikut konsekuensi bila tercapai atau tidak tercapai.
  5. Bangkitkan passion di dalam diri karyawan.
  6. Beri apresiasi, reward, pujian jika berhasil dan sebaliknya beri motivasi, teguran, peringatan dan bimbingan jika belum berhasil.
  7. Tambahkan skill dan kompetensi yang diperlukan melalui training atau pelatihan.

Selamat mencoba

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
   

 

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com