Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 
" ES MAMBO PEMBANGKIT PERCAYA DIRI "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi

Di suatu kesempatan kosong di tahun 2006 yang lalu saya diajak beberapa orang teman mengunjungi rumah singgah bagi anak jalanan di daerah Cempaka Putih Jakarta. Waktu itu saya diundang sebuah properti ternama di daerah Pluit di Jakarta. Mumpung hari Minggu dan tak ada jadwal training, maka segera saja saya menyetujui dan ikut kesana. Satu jam perjalanan dari Jakarta Barat yang sedikit agak macet,  akhirnya kami tiba di mulut gang di daerah Cempaka Putih.

Kami turun dengan team yang siap melayani adik jalanan di rumah singgah itu. Menyusuri jalan setapak yang kecil akhirnya tibalah langkah kami ke sebuah rumah yang agak kumuh. Memasuki pekarangan terlihat beberapa anak sedang bermain.

Kami disambut oleh anak disana dan ibu kepala mereka. Setelah bersantap siang bersama disana, saya dan teman lainnya mengajak anak jalanan itu untuk bermain sembari belajar. Beberapa anak terlihat malu-malu dan menyembunyikan dirinya di belakang badan temannya yang lain. Tertawaan dan olokan teman lainnya membuat anak yang malu semakin berusaha menghilangkan badannya kalau bisa. Namun sia-sia saja usaha kami, setelah bersusah payah mengajak mereka, masih tertinggal dua anak yang tidak mau bermain. Mereka kakak beradik yang berasal dari keluarga miskin. Dipaksa orang tua menjual es untuk menghidupi keluarga mereka.

Usai permainan, kami diminta oleh ibu kepala untuk sharing dengan adik-adik jalanan itu. Saya yang waktu itu kebetulan ingin buang air kecil, segera saja pamit ke kamar mandi. Melewati dapur, ibu kepala memanggil saya dan menawarkan es mambo. Sejenak saya terdiam, dan tak terasa air mata mulai menetes. Karena berkat es mambo inilah saya yang dulunya malu-malu, minder dan tak percaya diri menjadi bisa dan mampu seperti sekarang. Bangkit dan mau jadi pemenang dalam hidup ini. Dan selanjutnya saya membawa es mambo ke ruang depan untuk dinikmati bersama.

Pada saat makan es mambo inilah saya sharing kepada semua adik jalanan terutama kakak beradik yang minder, malu dan tak mau bermain tadi. Seiring cerita dan sharing yang saya berikan, beberapa anak mulai terlihat menyeka mata mereka yang terlihat meneteskan air mata.

Saya mengajak mereka untuk bangkit dari minder, rasa malu, tak percaya diri mereka dan jadi pemenang dalam hidup ini.

Banyak dari kita yang masih saja terus memendam rasa malu, minder dan tak percaya diri dalam diri kita selamanya. Mari sadarkan diri kita untuk bangun dan bangkit dari tidur. Songsong masa depan dengan penuh semangat, optimisme dan bebas dari perasaan tak PD. Keluarkan segala potensi diri dan tetap berusaha, berinisiatif serta tekun dan tabah. Jadilah pemenang dalam hidup ini. Apapun kita bisa, jika kita mau!!

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     
Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com