Mindset Motivator pertama yang memberikan Seminar + "MINDSET" di 3 Transportasi dalam 1 hari, yakni di Pesawat udara, Bus dan Kapal pesiar dan sudah berpengalaman dalam memberikan training, baik dalam nuansa inhouse maupun outbound

 

 
" BELALANG DI DALAM KOTAK "
Ir. Martinus Tjendana, M.Psi
Di sebuah desa yang agak terpencil, hiduplah beberapa anak yang sepulang dari sekolah mereka beramai-ramai pergi ke sebuah ladang untuk menangkap belalang.
Belalang memang sengaja ditangkap agar mengurangi populasinya. Ini karena belalang di desa tersebut sudah sedemikian banyaknya dan terkadang sangat mengganggu dan menjadi hama bagi pertanian di desa tersebut.

Belalang yang didapat, sebagian mereka berikan untuk makanan ayam peliharaan mereka, campuran dedak untuk makanan ikan di tambak mereka dan sisanya mereka simpan di tempat penyimpanan yang berupa kotak kecil setinggi 50 cm dan diisi dengan rerumputan sebagai makanannya.

Suatu ketika di sore hari yang indah di saat anak desa itu ingin mengambil sisa belalang yang ada di dalam kotak tersebut, untuk dibuat makanan ayam, secara tak sengaja belalang yang ada dalam kotak itu terlepas. Dengan mudahnya, anak desa menangkapi kembali belalang itu dan memasukkannya ke dalam kotak lagi.

Sungguh suatu pemandangan yang berbeda ketika belalang itu pertama kali ditangkap di ladang mereka. Belalang itu melompat sangat tinggi dan bahkan sering membuat anak desa yang berusaha menangkapnya kesulitan dan sering ada yang terjatuh dan kotor. Sekarang setelah di dalam kotak, belalang itu menjadi rendah lompatannya dan sangat mudah untuk di tangkap.

Gambaran belalang yang berada di alam bebas dengan lompatan yang sangat tinggi adalah gambaran diri kita yang bisa dengan bebas mengekspresikan segala daya dan kemampuan untuk meraih cita-cita, impian dan harapan kita. Namun banyak dari kita yang ketika dikekang kebebasannya malah merasa tak mampu untuk berbuat apa-apa dan hanya bisa melompat rendah seperti belalang yang diletakkan di dalam kotak. Yang menjadi aneh adalah ketika seharusnya kita bisa memberdayakan segala potensi yang ada untuk melompat tinggi, malah kita tak bisa dan merasa tak mampu.

Marilah kita semua bangkit dan sadar bahwa sesungguhnya kita ini lahir sebagai pemenang dan punya segala potensi yang bisa kita pergunakan untuk meraih dan mencapai apa yang kita impikan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     

 

Copyright © 2008-2017, SMART People Development™. All Right Reserved. Freewebhosting.
Any suggestions and comments, please mail to
smart_jakarta@yahoo.com